Tuesday, September 22, 2015

[Tv Seri]Romance Three Kingdoms 2010

Waktu menulis Soaring Phoenix, saya riset mengenai Jingzhou, tapi malah menemukan playlist RTK2010 di youtube. Menontonnya cukup menghibur, semua adegan-adegan dipersingkat dan diringkas dengan cukup sesuai dengan karangan Lou Guanzhong. Ada beberapa perbedaan seperti Lu Meng yang di novelnya dikisahkan sedikit pengecut (strategi merebut Jingzhou itu dari otak Lu Xun), di film ini lebih bisa diandalkan. Tokoh Cao Cao di film ini jadi lebih menarik (rasa-rasanya semua tokoh Cao Cao di film RTK selalu mengesankan walaupun tetap bermain sebagai villain role). Lu Bu nya monyong dan kelihatan bengal (seenggaknya bukan miniatur lagi seperti tv seri sebelumnya). Diao Chan nya kalah cantik dengan anaknya Cao Cao. Tapi saya belum lihat aksi Zhuge Liang nih di sini, mungkin nanti akan saya update setelah nonton Chibi dan North Campaign. Sima Yi sangat menarik, karena relasi dia dengan Cao Pi yang cukup kuat.

Berhubung ada beberapa scene yang gak berani saya tonton (terutama scene kematian Guan Yu, karena buat saya terlalu tragis (maklum, fans)), jadi dari seluruh scene yang sudah saya tonton, saya menarik kesimpulan kalau penulis naskah film ini sangat pandai menggambarkan manusia rakus, tamak, egois, dan ga tau malu. Beberapa adegan berhasil membuat saya meneteskan air mata seperti pada saat Cao Cao membunuh Lu Boshe, kemudian adegan Cao Zhi membuat puisi tentang "brotherhood", dan kematian three brothers of Shu-han.

Scene bagus lainnya yang saya catat: Reaksi Liu Bei waktu Lady Sun meninggalkan dia sangat dalam (kayaknya sempet terharu juga di adegan ini). Pada waktu Cao Pi difitnah bersekongkol untuk membunuh Cao Cao itu juga adegan yang sangat kuat. Anehnya begini, di seluruh saga tersebut, tokoh yang paling saya benci selain Dong Zhuo (kayaknya ga ada yang suka sama dia deh) adalah Cao Pi. Saya adalah pembenci Cao Pi nomer satu, dan buat saya, dia benar-benar tokoh yang kejam sekaligus licik (biasanya yang lain itu kejam tapi tak berotak). Tapi pada adegan tersebut, simpati saya terhadap Cao Pi begitu kuat, saya merasa senang sekali waktu Cao Cao meletakkan biji hitam ke tujuh.

Kekurangan dari film ini, sepertinya penulis cerita kurang pandai menyajikan adegan debat. Adegan persuasi yang harusnya menarik, malah jadi membosankan dan tidak sengetroll di novelnya. Pada episode kematian Wang Lang, si aktor cengengesan seperti kera sakti dan tau2 menyemburkan darah dan mati. Trolling level, 1/5 stars. Kalau dibandingkan tv seri yang terdahulu, trolling levelnya benar-benar seru. Sekalipun terjemahan bahasa inggrisnya di youtube katanya ngaco, tapi masih dapet efek pawned nya. Selain itu, semakin ke belakang, sepertinya kualitas film tidak sebagus awal episode dimana tokoh Cao Cao masih hidup. Sungguh disayangkan.

Bila anda ingin menonton Romance Three Kingdoms 2010, silakan klik link ini

Berikut adalah daftar tokoh pemeran dalam tv seri ini :

Chen Jianbin as Cao Cao 
Yu Hewei as Liu Bei
 Chen Jianbin sangat pas memerankan tokoh ini. Saya suka sekali waktu ada tokoh dalam film yang mengancam dia dengan ancaman serius dalam lingkup hidup-mati, dan dia merespon dengan tawa.




Akting Yu Hewei lebih seperti memerankan psikopat berdarah dingin yang mengintai mangsa di sudut tak terduga. Dia sukses membawakan Liu Bei yang mengerikan.
Lu Yi as Zhuge Liang

Kang Kai as Zhang Fei
Belum sempat lihat episode-episode penting Zhuge Liang, tapi kalau dilihat dari tampangnya, akting Lu Yi lebih dingin dan kurang ngetroll.


Waktu melihat Zhang Fei di film ini, saya tidak bisa berpaling dari matanya. Mata besar bulat dan cantik itu ... memberi ilusi bahwa dia sesungguhnya lebih lembut dari seorang pria gempal berbahasa kasar bernama Kang Kai.






Yu Rongguang as Guan Yu
Sebelum tahu tv seri ini, saya pernah iseng ngelist aktor-aktor tiongkok untuk memerankan San Guo, dan saya mencalonkan Yu Rongguang sebagai Guan Yu (selain Donnie Yen). Akting dia dalam film ini cukup sesuai, di masa muda Guan Yu cukup bijak, tapi di masa tua dia jadi sangat arogan. Mungkin karena pengaruh usia dan dia tidak rela kehilangan masa muda yang gemilang. 






Nie Yuan as Zhao Yun
 Menurut seleraku, Nie Yuan cocok memerankan versi feminim dari Zhao Yun.


Saya ga tau aktor ini salah makan apa sebelum syuting. Mungkin dia ingin menggambarkan seorang berkepala dingin, tapi saking dinginnya sampai-sampai kukira hantu. Ni Dahong berakting bagus.



Ni Dahong as Sima Yi
















Dan inilah Yu Bin, yang memerankan tokoh paling kubenci di San Guo.... 

Yubin as Cao Pi ... wait!!






Yu Bin as Cao Pi




... tunggu dulu ....







Yu Bin memerankan Cao Pi dengan baik, walau saya berharap dia bisa sedikit lebih "rubah" dengan memasang sedikit senyum percaya diri dalam aksi-aksinya menguasai dunia Tiongkok.





Peter Ho as Lu Bu




Pretty boy ini lumayan badass dan bengal waktu memerankan Lu Bu. Nilai plus untuk bibir manyunnya sepanjang penampilan karena menambah kesan bodoh, sesuai dengan ciri khas si "bastard of three fathers". Serius deh, anda harus melihat reaksinya di film waktu pertama kali diejek demikian oleh Zhang Fei. Priceless!!












Zhang Bo as Sun Quan
Sha Yi as Sun Ce
Saya kurang puas terhadap akting Zhang Bo memerankan Sun Quan di sini. Bayangan saya, Sun Quan itu temperamen, waktu dihina Guan Yu saya membayangkan dia emosi, bukan tertawa seperti itu. Dan juga, sebagai penguasa Wu (dan seantero Tiongkok pada zaman itu) yang paling makmur di antara yang lainnya, saya berharap wajahnya sedikit bulat, punya janggut warna merah seperti yang dideskripsikan tentang Sun Quan.




Satu hal yang selalu muncul dalam kepalaku setiap kali wajah Sun Ce muncul di film ... "bisa gak sih cari aktor yang lebih garang dikit??". Sha Yi punya tampang yang mendekati malaikat.

Wang Peng as .... oh you know who he is. Take a guess.

Ini adalah Wang Peng. Dari situasi fisikalnya, kita sudah bisa menebak dia memerankan siapa. Eh, tapi gini2 istrinya itu Xing Cai loh!








Terakhir nih ... terakhir ... special appearance. Konon di film ini gak ada Guan Suo. Adanya Guan Xing. Tapi uniknya, nama pemeran Guan Xing, adalah Wei Zhi. Nama yang punya phonetik sama dengan nama style Guan Suo. Tapi ... terima gak sih Guan Xingnya ky gini? ky nyokap gw mukanya! anjir!


1 comment:

  1. Wynn Las Vegas - Dr.MCD
    Wynn Las 당진 출장안마 Vegas · Wynn Hotel Map and Directions 안성 출장마사지 · Wynn Tower Suite Parlor · Wynn 고양 출장마사지 Resort King 정읍 출장마사지 · Wynn Tower Suite Salon · Wynn Resort Two Doubles · Wynn 군포 출장샵 Panoramic View King.

    ReplyDelete